Translate

Jumat, 01 September 2017

Mengenal Windows Server 2008

Windows Server 2008 R2
Selamat datang kembali pada tulisan saya. Kali ini kita tidak akan membahas terlalu dalam tentang materi Windows Server 2008. Namun kita akan berkenalan terlebih dahulu dengan windows server 2008. Sebelum kita melakukan konfigurasi tentunya harus mengenal terlebih dahulu apa yang akan kita lakukan konfigurasi.
Seperti yang pernah penulis tuliskan di pembahasan sebelumnya bahwa windows server adalah sebuah sistem operasi khusus yang memang ditujukan untuk komputer server. Mengapa demikian karena sistem operasi server ini memang didesain untuk menagani jumlah user yang sangat banyak. 
Seperti seri windows server sebelumnya yaitu windows server 2003 di dalam windows server 2008 ini juga memiliki banyak varian versi. Silahkan anda sesuaikan server jenis apa yang akan anda bangun untuk kemudian menentukan versi dari sistem operasi windows yang akan anda gunakan. Untuk lebih mengenal Versi windows Server 2008 maka coba anda perhatikan penjabaran berikut ini.

  1. Windows Server 2008 Standart Edition, sesuai dengan namanya kita dapat mengartikan buka. Windows server 2008 Standart Edition merupakan salah satu windows server yang memiliki fitur paling sedikit daripada versi yang lainnya. Windows Server versi ini juga didukung oleh arsitektur 32bit dan 64bit. Selain itu windows server versi ini hanya dikhususkan untuk menangani client yang tidak begitu banyak. 
  2. Windows Server 2008 Enterprise Edition, sesuai juga dengan namanya versi ini adalah versi terlengkap dari seluruh versi windows server yang ada. Didalam windows server ini anda akan didukung oleh segudang fitur yang akan meningkatkan performa dari server milik anda. Sama seperti versi sebelumnya versi ini juga mendukung arsitektur 32bit dan 64bit. Windows server enterprise edition sangat cocok jika akan digunakan untuk menangani jumlah client yang sangat besar dan banyak. 
  3. Windows Server 2008 Datacenter Edition, Berbeda dari versi - versi sebelumnya sistem operasi versi ini sangat dikhususkan untuk beberapa vendor khusus misalnya HP atau dell. Windows server versi ini dikhususkan untuk menagani database dalam jumlah sangat besar.
  4. Windows Server 2008 Web Edition, windows server versi ini seperti terlihat dari namanya maka kita sudah dapat menebak jika dikhususkan untuk web server. Sehingga pada sistem operasi versi ini akan dilengkapi dengan beberapa ftur yang berguna untuk meningkatkan web server milik anda. Windows Server versi ini juga didukung oleh arsitektur 32bit dan 64bit sama seperti versi yang lainnya. 

Bagaimana sudahkan anda mendapatkan gambaran tentang windows server mana yang sesuai dengan bisnis anda sehingga perusahaan anda akan semakin berkembang tentunya. 
Sebelum anda melakukan installasi maka anda juga perlu mengetahui bahwa windows server 2008 ini terbagi menjadi dua jenis. Setiap versi diatas dibagi kembali menjadi dua jenis ini. Jenis itu adalah :
  1. Full Installation, pilihan ini akan membuat anda melakukan installasi versi lengkap dengan fitur - fitur yang disediakan di masing - masing versi setiap windows server 2008.
  2. Server core installation, pilihan ini akan membuat hasil installasi yang akan anda lakukan tidak akan lengkap. Pilihan installasi ini berfokus pada role dan meminimalkan komponen yang digunakan. 

Cukup sampai disini pembahasan tentang mengenal windows server 2008 ini. Jika anda ingin membangun server untuk bisnis anda silahkan perhatikan benar - benar versi mana yang akan anda pilih dan jenis installasi apa yang akan anda lakukan. Ingat sistem opeasi server ini memiliki harga yang sangat tidak murah sehingga jangan sampai bisnis anda menjadi terkendala karena anda memilih versi dan jenis installasi yang salah. 

1 komentar:

Adbox